Indie Musik dan 5 Musisi Populernya

Indie Musik dan 5 Musisi Populernya

Indie Musik dan 5 Musisi Populernya  – Bagi pecinta musik tentu sudah begitu familiar dengan yang namanya indie musik. Bahkan belakangan ini di Indonesia juga banyak bermunculan band indie yang semakin lama semakin berkembang. Musiknya benar-benar easy listening.

Saking asyiknya, bahkan musik indie mampu menjamah masyarakat antimainstream. Meskipun demikian, tidak sedikit yang belum memahami tentang indie musik dalam arti sebenarnya. Kebanyakan justru menganggap bahwa indie musi merupakan genre musim kekinian saja.

Apa Itu Indie Musik?
Istilah indie musik sebetulnya berasal dari kata independent yang berarti mandiri, bebas atau merdeka. Jika diterjemahkan, ini musik memiliki makna sebagai musik yang do it yourself approach ketika melakukan rekaman maupun publishing.

Tidak sedikit pula musisi indie yang menyebarkan musik mereka sendiri, baik melalui kerabat, teman-teman hingga melakukan konser sederhana. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa para musisi indie melakukan segalanya secara mandiri tanpa bantuan dari label rekaman yang besar.

Jadi, pada mulanya inie musik dipakai untuk membedakan antara musisi independen serta musisi lainnya yang terikat dengan label-label besar. Indie musik tentu ada untungnya karena mereka tidak terikat pada batasan tertentu. Justru mereka bebas dan ekspresif melakukan semuanya.

Indie Musik Bukan Genre, Benar atau Salah?
Tidak sedikit yang beranggapan bahwa indie musik adalah genre. Pemahaman ini masih saja dianut oleh masyarakat Indonesia yang jelas-jelas salah besar. Indie bukan genre. Alih-alih sebagai genre, indie musik sebetulnya merupakan gerakan mandiri musisi terkait.

Gerakan mandiri tersebut diawali dari recording sampai publishing. Namun, indie bisa ditambahkan menjadi deskripsi musik seperti indie-rock, indie-rap dan indie-pop. Para musisi indie biasanya menciptakan sendiri lagu sesuka mereka dan tidak mengikuti tren pasar.

Oleh karena itu, tidak jarang lagu-lagu yang diciptakan para musisi indie bisa dibilang unik dan antimainstream. Tentu tidak sulit menemukan musisi indie di Indonesia saat ini. Bahkan lagu-lagunya pun pastinya sangat familiar didengar.

Sejarah Indie Musik di Indonesia
Menelisik lebih jauh tentang indie musik di Indonesia tentu terdengar sangat menarik. Sejarah indie musik di Indonesia sebetulnya pertama kali muncul pada tahun 1970-an dengan band yang mengusungnya adalah Guruh Gipsy, God Bless, Gang Pegangsaan dan Giant Step.

Kemudian pada tahun 1990-an, masyarakat Indonesia menjadi lebih akrab dengan istilah underground dibandingkan dengan indie. Pada masa itu, band indie yang berhasil menjual album sebanyak 5000 keping ialah Pas Band. Kemudian, Mocca yang berhasil menjual sampai 100.000 keping album.

Saat ini indie musik di Indonesia semakin berkembang. Sudah begitu banyak musisi-musisi indie yang bermunculan di Indonesia dan lagu-lagunya bisa didengar melalui Youtube, radio-radio kesayangan maupun aplikasi pemutar lagu kekinian.

Daftar Musisi Indie di Indonesia

Para pecinta musik tentu sudah akrab dengan sejumlah lagu-lagu indie yang sering ada dalam playlist musik Youtube. Tentu saja ada begitu banyak daftar musisi indie yang lagu-lagunya bisa mudah didengarkan. Beberapa daftar musisi indie di Indonesia, diantaranya:

1. Mocca
Bagi pecinta musik indie Indonesia tentu tidak asing dengan band Mocca. Mocca menjadi salah satu band musik indie yang bukan hanya populer di Indonesia saja. Bahkan kepopuleran band yang aktif sejak tahun 1999 ini sudah meroket sampai ke luar negeri.

Beberapa lagunya saja sudah berhasil menjadi soundtrack berbagai tayangan populer. Band asal Bandung beraliran pop dan swing jazz ini berhasil menelurkan banyak album studio. Beberapa diantaranya ialah My Diary, Friends, Colours, Home, Lima, Day by Day, Ost Untuk Rena serta Dear Friends – Happy Birthday.

2. Efek Rumah Kaca
Band yang juga kerap disingkat dengan istilah ERK ini merupakan band indie asal Jakarta yang sudah terbentuk sejak tahun 2001. Band yang digawangi oleh Cholil Mahmud, Poppie Airil dan Akbar Bagus Sudibyo ini juga banyak mengeluarkan album.

Album studio yang berhasil dirilis oleh Efek Rumah Kaca diantaranya Efek Rumah Kaca pada tahun 2007, Kamar Gelap di Tahun 2008 dan Sinestesia pada tahun 2015. Salah satu lagu favoritnya berjudul Seeperti Rahim Ibu, mungkin sangat familiar di telinga.

SORE

3. SORE
SORE merupakan salah satu band indie yang beraliran pop dari Jakarta. Band ini memiliki begitu banyak prestasi seperti penampilan yang sukses di negara tetangga Malaysia. Di samping itu, SORE berhasil masuk ke dalam ranking teratas dari 5 band yang wajid didengar menurut TIME Asia.

Gaya musik SORE sebetulnya juga memuat nuansa jazz ringan dengan saxophone yang syahdu. Band ini memiliki fakta yang menarik. Meskipun sudah ada member yang keluar, nyatanya semua yang tersisa di SORE kidal.

4. Payung Teduh
Pernah mendengar lagu Akad, Resah atau Untuk Perempuan yang Sedang di Pelukan? Jika sudah, selamat karena sudah berhasil mendengarkan lagu-lagu dari Payung Teduh. Ini adalah salah satu band indie jazz, folk, keroncong dan pop yang aktif sejak tahun 2007 sampai sekarang.

Band yang digawangi Marsya Ditia, Alejandro Saksakame, Comi Aziz Kariko dan Ivan Penwyn ini selalu berhasil menciptakan lagu-lagu merdu yang sarat emosi. Tidak heran jika band ini sering mendapatkan penghargaan dan nominasi. Salah satunya pada Anugerah Musik Indonesia Tahun 2017.

5. Fourtwnty
Lagu-lagu dari band indie ini bisa didengarkan di berbagai aplikasi pemutar lagu seperti JOOX, Spotify, Youtube Music hingga Deezer. Fourtwnty merupakan band indie yang aktif sejak tahun 2010 dan beraliran folk, jazz serta akustik.

Band yang dianggotai oleh Ari Lesmana, Nuwi dan Roots ini berhasil menelurkan lagu-lagu ajaib yang membuat siapa saja yang mendengarkan merasa ketagihan. Salah satu lagu andalannya adalah Zona Nyaman.

Cdstreet– Indie musik tentu menjadi warna tersendiri bagi pecinta musik Indonesia. Saat mendengarkannya, siapapun akan merasa bebas karena memang para musisi indie berhasil mengekspresikan apa yang ada dalam benak mereka tanpa batasan apapun.