Jokowi Ingatkan Menkominfo Minta Palapa Ring Tersambung Sampai Rumah

Sumber : idntimes.com

Jokowi Ingatkan Menkominfo Minta Palapa Ring Tersambung Sampai Rumah – Presiden Joko “Jokowi”  meminta  (Menkominfo) Johnny G Plate meningkatkan jaringan Palapa Ring hingga ke rumah tangga.

Jokowi Ingatkan Menkominfo Minta Palapa Ring Tersambung Sampai Rumah

Sumber : idntimes.com

cdstreet – Palapa Ring tidak hanya berhenti sebagai bb saja, tidak hanya berhenti di situ tetapi harus tersambung sampai ke rumah tangga,” tutur Jokowi dikala meresmikan Program Konektivitas Digital 2021 serta Prangko Seri Aksi Vaksinasi Nasional COVID- 19 di Kastel Negeri yang ditayangkan di channel YouTube Kepaniteraan Kepala negara, Jumat

 Baca Juga : Jokowi Resmikan Bendungan Napun Gete di NTT dan Kunjungi Lumbung Pangan ke Sumba Tengah 

1. Jokowi ingin jaringan Palapa Ring lebih digenjot

Saat peluncuran rencana koneksi digital yang diluncurkan pada 2021 pada hari Jumat, Chokovi mengatakan: “Saya memiliki beberapa catatan yang telah meningkatkan tingkat pemanfaatan cincin Palapa. Tidak hanya meningkat 50%. Untuk cincin Palapa di timur dan pusat, tingkat pemanfaatannya masih sekitar 20%. “/ 2).

Perlu diketahui, Palapa Ring terbagi dalam tiga tahap, yakni Ciparapa Ring yang meliputi wilayah Riau dan Kepulauan Riau (hingga Kepulauan Natuna) yang selesai pada Maret 2018. Palapa Central meliputi wilayah Kalimantan. Sulawesi dan Maluku Utara (hingga Kepulauan Sanchi-Tarot) akan dilaksanakan pada Desember 2018.

Akhirnya kami sampai di NTT, Maluku, Papua Barat dan Palapa Ring Timur di Papua.Konstruksinya juga sudah selesai dan akan langsung diresmikan oleh Presiden Yokowi di ibu kota negara pada tanggal 14 Okt2019.

Ada beberapa faktor yang membuat utilisasi palapa ring ini belum maksimal. Seperti halnya harga sewa yang dianggap terlalu mahal. Hal itu disampaikan pengamat ICT Heru Sutadi dalam suatu kesempatan. Harga sewa yang terlampau mahal ini terang saja memberatkan operator untuk mendistribusikan internet.

Kemudian, dari sisi teknis. Menurut Nonot Harsono, Komisioner Badan Regulasi dan Telekomunikasi Indonesia (BRTI) periode 2009-2015 terdapat ada tiga syarat pokok agar masyarakat bisa menikmati internet: backbone, backhaul, dan jaringan akses.

Jaringan ring Palapa dalam kategori ini hanyalah jaringan backbone yang harus dibantu lebih lanjut dalam pendistribusiannya ke daerah-daerah (backhaul) dan jaringan akses, seperti kabel fiber optic atau base station transceiver (BTS), agar bisa menjangkau rumah masyarakat. .

Dia berkata: “Pemerintah hanya menyediakan infrastruktur tulang punggung, dan tidak mempertimbangkan untuk menghubungkannya dengan masyarakat.”

Hal senada juga diungkapkan Radews Darwan, vice president of field operation PT. Telematika Palapa Timur. Karena minimnya penyelenggara jasa telekomunikasi, tingkat pemanfaatan bundaran Palapa Timur tergolong rendah.

” Sayangnya, mayoritas operator yang terdapat di Indonesia mempunyai banyak estimasi saat sebelum masuk ke sesuatu zona komersil terkini, misalnya jumlah populasi masyarakat, kemampuan konsumen informasi, kemampuan ekonomi wilayah, rasio ekonomi warga, serta angka penting sesuatu area . Hal ini menimbulkan salah persepsi dan pertanyaan di masyarakat, mengapa kehadiran Palapa Ring Timur belum juga memberikan akses internet yang layak bagi masyarakat. Dari sisi yang lebih optimis, proses negosiasi dan integrasi dengan beberapa operator sedang berjalan saat ini,” katanya.

” Aku memohon pada Menkominfo buat membenarkan supaya Palapa Ring tidak menyudahi selaku backbone saja, namun terhubung hingga ke rumah tangga,” ucap Jokowi dalam kegiatan peluncuruan Program Konektivitas Digital 2021 di Kastel Negeri, Jakarta, Jumat

Jokowi meminta penggunaan Palapa Ring jangan hanya mencapai 50 persen. Bahkan, berdasarkan data yang dimiliki, utilitas Palapa Ring di wilayah Indonesia Tengah dan Timur masih hanya di angka 20 persen.

“Ini harus digenjot terus,” tegasnya.

Menurut Jokowi, penggunaan cincin Palapa perlu ditingkatkan agar seluruh masyarakat bisa memanfaatkan investasi yang besar di proyek tersebut. Selain itu, dalam kasus pandemi Covid-19 sangat perlu menggunakan cincin Palapa.

Chokovi mengatakan pemerintah telah melakukan upaya keras untuk membangun konektivitas nasional dalam lima tahun terakhir. Dia mengatakan, misalnya, pemerintah sedang membangun jalan laut, jaringan rel kereta api, jalan tol, jalan perbatasan, bandara, dan pelabuhan.

Selain itu, kata Chokovi, pemerintah sedang membangun koneksi digital untuk menghubungkan seluruh pelosok pulau melalui tol udara.

Jokowi mengatakan pembangunan konektivitas di bermacam zona bukan cuma buat kebutuhan ekonomi . Dia menyatakan rencana pembangunan itu untuk merangkai negara Indonesia yang terdiri dari banyak pulau.

Dengan terdapatnya pembangunan konektivitas, ia memperhitungkan beberapa perihal hendak berjalan lebih kilat. Misalnya, jasa pembelajaran, kesehatan, sampai mensupport sinergi adat nusantara serta memperkokoh kesatuan.

Jokowi mengatakan, pengembangan konektivitas dan talenta digital dilakukan melalui sejumlah program, seperti penyediaan satelit multi fungsi pemerintah (SATRIA) hingga gerakan literasi digital nasional, pembangunan menara BTS, dan pengaturan program beasiswa.

Selain itu, Jokowi meminta agar Indonesia tidak menjadi korban praktik curang raksasa internet dunia itu.

Namun, dia tidak ingin menerapkan proteksionisme perdagangan yang dianggapnya merugikan. Karena menurutnya transformasi digital harus menjadi solusi yang menguntungkan semua pihak.

Dia berkata: “Tidak, kita bukan negara yang menyukai proteksionisme perdagangan. Karena sejarah telah membuktikan bahwa proteksionisme perdagangan itu berbahaya. Namun, kita tidak boleh menjadi korban dari praktik tidak adil raksasa digital dunia,” ujarnya.

Sehingga, ia berharap program Konektivitas 2021 menjadi momentum penting yang bisa menghubungkan bangsa Indonesia dengan teknologi baru, pola pikir baru, kesempatan bisnis global baru, dan dengan masa depan baru menuju Indonesia maju.

” Kita wajib membenarkan alih bentuk digital janganlah cuma pihak luar yang diuntungkan,” ucap Jokowi.

Jokowi menambahkan konektivitas digital harus tetap berpegang teguh pada kedaulatan bangsa di tengah globalisasi & persaingan global.

2. Jokowi minta Kemkominfo segera manfaatkan investasi Palapa Ring

“Utilitassi Palapa Ring harus ditingkatkan, jangan hanya 50 persen saja,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat, 26 Februari 2021.

Jokowi mengatakan utilitas Palapa Ring di Indonesia Tengah dan Timur masih 20 persen. Ia mau konektivitas ini dialami semua warga Indonesia .

“Saya minta Menteri Komunikasi dan Informatika (Johnny G. Pratt) memastikan jaringan ring Palapa tidak hanya berhenti sebagai backbone station, tapi juga harus terkoneksi dengan keluarga agar kita semua bisa segera menggunakan Palapa ring A banyak investasi online, ”ujarnya.

Kepala negara mengatakan konektivitas digital sangat dibutuhkan selama pandemi. Transformasi digital adalah solusi strategis yang cepat untuk membawa Indonesia ke masa depan.

Ia mengatakan: “Penting juga untuk membangun kedaulatan & kemandirian digital. Kita harus memastikan bahwa transformasi digital tidak hanya menguntungkan pihak luar, tetapi juga meningkatkan impor. Ini yang selalu saya pertegas.”

Palapa Ring diresmikan Jokowi pada 14 Oktober 2019.Palapa Ring Timur sukses mengaitkan Maluku, Papua, NTT, hingga Pulau Rote. Sedangkan Palapa Ring Tengah berakhir dini 2019 serta Palapa Ring Barat beres 2018.

Palapa Ring Paket Timur mencapai 6.878 kilometer (Km) dengan panjang kabel optik laut sepanjang 4.426 KM, dan kabel optik darat sepanjang 2.452 KM. Palapa Ring untuk wilayah timur Indonesia ini telah beroperasi sejak 2019 dan dikelola oleh Palapa Timur Telematika.

” Wajib terhubung ke rumah tangga supaya pemodalan besar di palapa ring lekas dapat digunakan semua orang kita serta amat diperlukan dalam era endemi semacam saat ini ini,” tutur ia.

Sepanjang 5 tahun terakhir, Jokowi membawakan jika penguasa kemudian berupaya membuat konektivitas nasional. Mulai , pembangunan tol laut, jaringan jalur sepur api kereta api api, pembangunan rute tol, pembangunan alun- alun melambung.

Kemudian, pembangunan pelabuhan setta pembangunan jalan-jalan di wilayah perbatasan Indonesia. Dilain itu, penguasa pula membuat konektivitas digital dengan membuat Tol Langit ataupun Palapa Ring.

Percepat Pelayanan Pendidikan

Chokovi mengatakan, pengembangan koneksi digital tidak hanya untuk keuntungan ekonomi. Namun demikian, perlu menghubungkan seluruh pelosok Indonesia melalui jaringan telekomunikasi.

Ia mengatakan:” Pada dikala yang serupa, kita pula wajib mengakulasi negeri kita yang besar, yang mempunyai pulau- pulau buat memesatkan layanan pembelajaran, memesatkan layanan kesehatan, serta mensupport sinergi adat di pulau- pulau itu.”

Chokovi melanjutkan: “Tentu saja, ini untuk memperkuat persatuan dan integritas kita sebagai negara yang besar.”

 Baca Juga : Jokowi Buka Pintu Investasi Bagi Industri Minuman Keras

3. Pemerintah tengah membangun konektivitas digital untuk menghubungkan seluruh pelosok nusantara

Acara kemudian dilanjutkan dengan penayangan video harapan masyarakat mengenai konektivitas digital. Sehabis itu, Jokowi memaraf prangko seri vaksinasi nasional COVID- 19.

Dalam sambutannya, Jokowi berkata mengenai upaya pemerintah dalam membangun konektivitas nasional melalui berbagai cara. Jokowi menegaskan semua itu bukan hanya untuk kepentingan ekonomi, tetapi juga untuk memperkokoh persatuan bangsa.

” Dalam 5 tahun terakhir, penguasa sudah bertugas keras membuat konektivitas nasional kita. Tidak hanya jalur laut, lewat jaringan sepur api, pembangunan jalur tol, pembangunan jalur pembangunan lapangan terbang, pinggiran, pembangunan dermaga. Kami Chokovi mengatakan:” Ini tidak hanya membangun koneksi digital, tetapi juga menghubungkan di seluruh pelosok nusantara lewat tol udara. Semua ini tidak hanya untuk ekonomi, tetapi tidak untuk integrasi negara besar kita dan pulau itu.

Chokovi meneruskan:” Buat memesatkan jasa pembelajaran, memesatkan jasa kesehatan, serta mensupport perkembangan adat Nusa Tara, pastinya kita pula wajib menguatkan aliansi serta kesatuan kita selaku negeri yang besar.”

Chokovi mengatakan pemerintah telah melaksanakan berbagai rencana untuk mendukung konektivitas digital. Ia mengapresiasi kinerja Kementerian Komunikasi dan Informasi serta memberikan banyak penjelasan.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras selama ini, khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika, namun saya memiliki beberapa poin yang perlu diperhatikan. Penggunaan Palapa Ring harus ditingkatkan. Ini tidak boleh hanya 50% saja. tingkat utilisasi di Indonesia bagian tengah dan timur. Masih perlu ditingkatkan sekitar 20%. Saya minta Menteri Komunikasi dan Informatika agar memastikan ring Palapa tidak hanya berhenti sebagai tulang punggung, tetapi juga harus terhubung dengan keluarga Sehingga Jokowi yang besar mengatakan: “Investasi cincin Palapa bisa segera dimanfaatkan oleh semua orang, sangat dibutuhkan saat terjadi pandemi. ”

Jokowi mengingatkan transformasi digital ini jangan sampai menguntungkan pihak luar. Tetapi, kata Jokowi, transformasi digital harus mampu mendorong kemandirian bangsa.

” Alih bentuk digital ialah pemecahan kilat serta penting buat bawa Indonesia mengarah era depan. Tetapi pula amat berarti menghasilkan independensi serta independensi digital. Kita harus membetulkan ganti wujud digital, janganlah hanya profitabel pihak luar, janganlah meningkatkan memasukkan. Yang senantiasa aku tekankan independensi serta independensi digital wajib jadi prinsip berarti dalam alih bentuk digital kita . Transformasi digital harus mendorong TKDN, pemakaian produk-produk tanah air,dan mendesak kemampuan teknologi digital canggih oleh seluruh anak bangsa,” ucap Jokowi.

Jokowi pun berharap transformasi digital dapat berdampak positif bagi perkembangan cara berpikir baru. Selain itu, transformasi digital juga mendorong peluang bisnis global baru.

“Kita bukan negara yang menyukai proteksionisme perdagangan, karena sejarah telah membuktikan bahwa proteksionisme perdagangan itu merugikan, namun kita tidak boleh menjadi korban praktik tidak adil raksasa digital dunia. Transformasi digital adalah win-win solution bagi semua pihak. Saya berharap semua pihak, Jokowi, akan mengatakan: “Rencana koneksi digital pada tahun 2021 akan menjadi motor penggerak penting yang dapat dicapai. Ini menghubungkan negara Indonesia dengan teknologi baru, pemikiran baru, pemikiran baru, peluang bisnis global baru dan masa depan baru untuk Indonesia maju. “.

“Saya menginginkan Menkominfo untuk memastikan agar Palapa Ring tidak berhenti sebagai backbone , tetapi tersambung sampai ke rumah tangga,” ujar Jokowi dalam acara peluncuruan Program Konektivitas Digital 2021 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/2).

Jokowi meminta penggunaan Palapa Ring jangan hanya mencapai 50 persen. Bahkan, berdasarkan data yang dimiliki, utilitas Palapa Ring di wilayah Indonesia Tengah dan Timur masih hanya di angka 20 persen.

“Ini harus digenjot terus,” tegasnya.

Menurut Jokowi, penggunaan cincin Palapa perlu ditingkatkan agar seluruh masyarakat bisa memanfaatkan investasi yang besar di proyek tersebut. Selain itu, dalam kasus pandemi Covid-19 sangat perlu menggunakan cincin Palapa.

Chokovi mengatakan pemerintah telah melakukan upaya keras untuk membangun konektivitas nasional dalam lima tahun terakhir. Dia mengatakan, misalnya, pemerintah sedang membangun jalan laut, jaringan rel kereta api, jalan tol, jalan perbatasan, bandara, dan pelabuhan.

Tidak hanya itu, tutur Chokovi, penguasa lagi membuat koneksi digital buat mengaitkan semua ceruk nusantara lewat tol awan.

Jokowi mengatakan pembangunan konektivitas di bermacam zona bukan cuma buat kebutuhan ekonomi. Beliau memberi tahu pembangunan itu untuk merangkai negara Indonesia yang terdiri dari banyak pulau.

Dengan adanya pembangunan konektivitas, dia menilai sejumlah hal akan berjalan lebih cepat. Misalnya, pelayanan kesehatan, pendidikan, hingga mendukung kekuatan budaya nusantara dan memperkokoh kesatuan.

Jokowi mengatakan, pengembangan konektivitas dan digital talent dilakukan melalui beberapa program, seperti penyediaan satelit multi fungsi pemerintah (SATRIA) hingga gerakan literasi digital nasional, pembangunan menara BTS, dan pengaturan program beasiswa.

Selain itu, Jokowi meminta agar Indonesia tidak menjadi korban praktik curang raksasa internet dunia itu.

Namun, dia tidak ingin menerapkan proteksionisme perdagangan yang dianggapnya merugikan. Karena menurutnya transformasi digital harus menjadi solusi yang menguntungkan semua pihak.

” Kita bukan bangsa yang menggemari proteksionisme, bukan. Sebab asal usul meyakinkan proteksionisme malah lebih mudarat. hendak Namun, kita pula tidak dapat jadi korban dari unfair practices raksasa digital bumi,” ucapnya.

Sehingga, ia berharap program Konektivitas 2021 menjadi momentum penting yang bisa menghubungkan bangsa Indonesia dengan teknologi baru, pola pikir baru, kesempatan bisnis global baru, dan dengan masa depan baru menuju Indonesia maju.

” Kita wajib membenarkan alih bentuk digital janganlah cuma profitabel pihak luar,” ucap Jokowi.

Jokowi meningkatkan konektivitas digital pula wajib senantiasa berpedoman konsisten pada independensi bangsa di tengah kesejagatan serta kompetisi garis besar.

Palapa Ring ialah cetak biru prasarana telekomunikasi berbentuk pembangunan serat optik di semua Indonesia sejauh 12. 148 km yang mengaitkan 90 kabupaten atau kota di semua Indonesia, dengan 57 kabupaten atau kota layanan serta 33 kabupaten atau kota interkoneksi.

Palapa Ring diresmikan Presiden Jokowi pada 14 Oktober tahun 2019, usai Palapa Ring Timur berhasil menghubungkan Maluku Papua, , NTT hinggga Pulau Rote. Sementara Palapa Ring Tengah telah selesai awal tahun 2019, dan Palapa Ring Barat telah selesai 2018. Seperti yang dilansir cnnindonesia.com