Perkembangan Musik Indie dan Sejarahnya Di Indonesia

Perkembangan Musik Indie dan Sejarahnya Di Indonesia

Perkembangan Musik Indie dan Sejarahnya Di Indonesia – Indie musik sudah jadi hal yang cukup lama jadi perbincangan. Hal ini juga karena banyak orang yang menyukai aliran musik ini. Indie secara umum adalah mandiri atau independen yang mana dia tidak terikat dengan salah satu brand musik manapun yang ada di Indonesia. Musik indie sering kali diidentikkan dengan musik band sekolah. Akan tetapi hal tersebut juga punya jalan masuk sendiri di dalam sistem dan juga penikmatnya. Jika membicarakan masalah musik tentu saja masih banyak yang harus dipelajari. Akan tetapi musik ini bisa jadi sarana untuk mengungkapkan suatu hal dan juga jadi kunci untuk mengucapkan keinginan. Dalam sejarah permusikan tanah air, jenis musik seperti ini memang tidak terlalu diminati. Akan tetapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan ada banyak hal yang akan jadi bahan untuk membuat musik ini jadi musik yang cukup menyenangkan.

Cdstreet – Pada era tahun 90 an, dominasi musik yang ada di Indonesia adalah musik yang diberikan dari label-label besar. Era ini merupakan salah satu era kejayaan banyak band tanah air. Band ini yang membuat banyak penggemar memiliki akses lebih luas untuk mengembangkan musik yang mereka inginkan. Musik indie pada tahun ini masih dianggap sebagai musik yang kurang diminati dan aneh. Mereka menggunakan acuan musik yang easy listening sehingga untuk musik indi sendiri jadi sangat jarang untuk diberi perhatian. Hal ini lah yang membuat banyak pihak jadi kesulitan untuk memulai musim mereka. Namun, seiring dengan makin berkembangnya zaman. Di era tahun 2000 angka musik tanah air mulai ke dalam masa kejayaan. Berbagai bentuk aliran musik mulai tumbuh secara lebih pesat. Begitu pula dengan musik indie ini, musik yang mulai dikenal oleh banyak orang ini sebenarnya telah ada sejak tahun 1920an. Namun hal tersebut ini tidak terlalu banyak memiliki peminat dan membuat berbagai pihak memilih untuk tetap menikmati musim umum dari brand yang sudah besar.

Burgerkill

Indie musik ini mengedepankan kemandirian musisinya dalam membuat singlenya. Di Amerika serikat khususnya, pergerakan musik indie sudah sangat mudah digunakan. Karena banyak pihak yang menilai hal ini sebagai langkah untuk pembaharuan maka bisa dipastikan bahwa musik ini jadi bahan yang menguntungkan untuk didengar. Lalu pada tahun 60 sampai 70 and Musik ini mulai tumbuh menjadi musik umum yang digemari oleh banyak orang. Sedangkan untuk perkembangan musik indie Indonesia sendiri lahir pada tahun 70 an.

Baca juga : Band-Band Indie Populer Di Indonesia

Karena pengaruh budaya barat, perkembangan aliran musik yang digunakan ini juga sesuai dengan aliran musik yang ada di negara tersebut. Dengan gempuran dari para band yang sudah punya nama, Band ataupun musisi indie pada tahun 1990 akan mulai melebarkan sayap. Walau masih sangat sedikit yang bisa memberi kontribusi untuk dunia permusikan Indonesia. Musik ini mulai tumbuh di kota-kota besar seperti Jakarta, Jogja, Bandung dan Surabaya. Bahkan kota malang juga tak ketinggalan untuk mendapat salah satu musisi indie yang terinspirasi dari banyak musisi lainnya. Kategori pertama dalam musik Indie yang paling terkenal di Indonesia adalah pas band. Bahkan band ini telah tampil dibeberapa film sebagai pengisi musik dan menelurkan sebuah album. Pas band jadi cikal bakal banyak indie band lainnya yang juga merajai berbagai musik dan aliran di Indonesia. Band seperti Burgerkill, koil hingga pure Saturday juga mulai melebarkan sayap mereka.