Seniman yang Terjun di Dunia Musik Indie

Seniman yang Terjun di Dunia Musik Indie – Musik indie atau musik independen merupakan musik yang dibuat dan didistribusikan oleh label rekaman atau seniman musik secara mandiri. Dalam dunia musik, indie kerap digunakan sebagai genre musik. Penggunaan istilah ini pertama kali dikenal pada tahun 1920. Musik indie mulai trend dan populer di kalangan para remaja pada tahun 90-an hingga tahun 2000-an. Musisi indie merupakan mereka yang memproduksi musiknya sendiri secara independen tanpa campur tangan label musik populer. Meskipun pembuatan musik atau lagu dibuat secara mandiri, musik indie mampu bersaing dengan band terkemuka secara terbuka.. Di Indonesia sendiri musik indie telah dikenal sejak tahun 1900-an. Pada kala itu, band indie pertama yang muncul adalah God Bless. Band tersebut memiliki vokalis terkenal yang bernama Achmad Akbar.

Cdstreet – Seiring dengan berkembangnya waktu, musik indie menjadi fenomena yang tak biasa. Setiap daerah di Indonesia melahirkan musisi indie yang piawai alam menciptakan karya musik yang tinggi. Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Jakarta dan Malang merupakan kota-kota di Indonesia yang dikenal memiliki semangat independen tinggi. Banyaknya seniman atau musisi yang bermunculan, musik indie mengalami kemajuan. Mereka tidak hanya mampu menciptakan lagu sendiri tetapi juga mampu menjual atau memasarkan karyanya sendiri. Di Indonesia, ada banyak musisi musik indie yang berkualitas. Sebagian dari mereka bahkan telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional.

Fourtwnty merupakan salah satu grup musik asal Jakarta yang kiprahnya di dunia musik indie sangat dikenal bagi oleh para penikmat musik. Grup musik tersebut mulai berkarir sejak tahun 2010 dan memiliki toga anggota aktif. Ketiga anggota aktif tersebut adalah Ari Lesmana, Roots dan Nuwi. Setengah bulu merupakan karya pertama yang dikenalkan oleh grup musik asal Jakarta ini. Mini album tersebut rilis di tahun 2014. Satu tahun berselang, grup musik indie merilis album dengan judul “ Lelaku”. Musisi ini memanjakan telinga pendengar melalui alunan musik yang nyaman dan santai. Tahun 2017, lagu berjudul Zona Nyaman digunakan sebagai sountrack film berjudul Filosofi Kopi 2. Dari kesempatan inilah, Fourtwnty semakin dikenal di dunia musik tanah air.

Pamungkas

Cdstreet – Seniman Indonesia lainnya yang terjun di dunia musik indie adalah Pamungkas. Kehadirannya di dunia musik merupakan kabar yang menggembirakan di tengah redupnya keberadaan solois pria di dunia musik. Selain menulis lagu sendiri, Pamungkas juga bermain ala musik, menciptakan lagu dan melantunkan lagunya sendiri. Ia bahkan menjadi seorang produser bagi beberapa penyanyi tanah air lainnya. Nama Pamungkas mulai dikenal di dunia musik melalui album pertamanya yang bertajuk “Walk The Talk”. Album ini dikemas dengan sangat rapi sehingga nampak sangat personal. Pada album ini, pendengar dapat mengetahui kisah pendewasaan diri seseorang dan bagaimana mereka menghadapi masalah di kehidupan.

Baca juga : Judul Lagu Musisi Indie Paling Favorit Di Indonesia

Efek Rumah Kaca menjadi band indie yang memulai debutnya sejak tahun 2001. Band yang beranggotakan empat orang ini merupakan band asal ibukota. Cholil Mahmud bertindak sebagai vokal dan pemain gitar, Akbar Bagus Sudibyo pemain drum bass yang dimainkan oleh Poppie Airil. Sebelum menjadi band indie yang ternama, mereka harus menghadapi cobaan yang cukup berat. Karya-karya yang mereka ciptakan mendapatkan penolakan keras dari label musik ternama. Karena penolakan yang diterimanya, band ini kemudian memutuskan untuk berkarya secara mandiri. Lagu yang mereka ciptakan berkaitan dengan kultur, isu sosial dan politik. Efek Rumah Kaca telah melebarkan sayapnya hingga ke USA.